TENTANG PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) FKIP UNCEN

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dimulai dengan pelaksanaan Program D-II PGSD pada tahun 1991 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 400b/DIKTI/1992 tanggal 20 Agustus 1992 tentang pembentukan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program ini kemudian diperpanjang melalui Keputusan Nomor 448/DIKTI/Kep/1996 tanggal 1 Januari 1996. Pendirian dan pengembangan program studi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kualifikasi guru Sekolah Dasar (SD). Pada tahun 2006, melalui program Hibah Kompetisi A, Program Studi PGSD mulai menyelenggarakan pendidikan S1 PGSD. Hal ini didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3322/D/T/2006 tanggal 1 September 2006, serta Surat Keputusan Izin Operasional Nomor 11444/D/T/K-N/2012 tertanggal 11 April 2012. Saat ini, Program Studi PGSD telah terakreditasi sesuai Surat Keputusan BAN-PT Nomor 176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014 dengan peringkat akreditasi “C.” Kemudian, pada tahun 2019, akreditasi program studi ini meningkat menjadi “B (Baik)” berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 5554/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2019.

PROFIL LENGKAP PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS CENDERAWASIH

 Akreditasi B Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional
  • Nomor               :BAN-PT No. 5554/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2019
  • Alamat Kampus : Jalan Raya Abepura-Sentani
  • Website            : pgsd.fkip.uncen.ac.id
SEJARAH PROGRAM STUDI Program studi PGSD berjenjang Stara-1 diresmikan pada tanggal 5 juli 2002 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pendiriaan Program Studi PGSD jenjang Strata-1 Nomor: 400.b/Dikti/Kep/1992. Penyelenggaraan Program Studi PGSD FKIP UNCEN dimulai bulan Agustus 2006. Surat Keputusan Izin Oprasional program studi nomor 564/D/T2007 tertangal 20 Maret 2007. Program PGSD FKIP UNCEN ini pada tahun 1990 berjenjang D2, seiring dengan perkembangan zaman, lembaga pendidikan dituntut meluluskan peserta didik yang mampu menguasai ilmu dan teknologi mutahir, memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam era gobalisai dan siap menghadapi persaingan. Jenjang pendidikan sekolah dasar perlu mendapat perhatian secara serius, karena pendidikan di SD merupakan landasan yang akan sangat berpengaruh pada mutu pendidikan pada jenjang berikutnya. Untuk itu pemerintah berupaya menata dalam rangka mengantisipasi peningkatan mutu pendidikan di SD. Walaupun peningkatan guru SD dapat di upayakan dari banyak aspek, tetapi ada indikasi bahwa agar guru SD lebih mampu memahami anak SD dan bewawasan luas, maka guru SD perlu ditingkatkan kualitasnyasampai pada jenjang strata 1. Hal ini sejalan dengan SK Menpan No 26 tahun 1989 yang menetapkan bahwa jabatan guru merupakan jabatan fungsional. Untuk mengatasi berbagai perkembangan ke depan, maka program studi PGSD FKIP UNCEN merasa perlu meningkatkan penyelenggaraan pendidikan dari hanya menyelengarakna program studiPGSD jenjang D2, untuk memulai penyelngarakan Program Studi PGSD jenjang S1. Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor: 013/Ban-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011 Program Studi PGSD FKIP UNCEN mendapat akriditasi “B”. Diharapkan dengan sudah terakriditasinya Prodi PGSD ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme calon guru SD. ORIENTASI PRGRAM STUDI
Berdasarkan pada standar kompetensi guru kelas (SKGK) SD lulusan S1 PGSD harus memiliki empat kompetensi yaitu: (1) Penguasaan bidang studi, (2) Pemahaman tentang peserta didik (3) Penguasaan pembelajaran yang mendidik, dan (4) Pengembangan kepribadian dan keprofesionalan. Kompetensi di atas dapat disejajarkan dengan: kompetensi pedagogik, kompetensi, kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Berdasarkan visi, misi, dan tujuan Program Studi PGSD FKIP UNCEN , kurikulum PGSD menekankan pada lulusan yang profesional berkarakter kuat dan cerdas dengan memiliki:
  1. Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan social.
  2. Motivasi dan kemampuan untuk menyelesaina tugas – tugas perkuliahan di dalam proses pembelajaran
  3. Keberanian dalam mengungkapkan pendapat dan gagasan yang kreatif dan inovatif baik di dalam maupun di luar perkuliahan.
  4. Kemempuan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu dan produktif.
  5. Kemempuan untuk memberikan layanan pendidikan yang dapat memenuhi kepuasan peserta didik.
  6. Kemempuan mengakses informasi pembelajaran bagi tercapainya proses pembelajaran yang inovatif.
  7. Kemempuan untuk menciptakan susasna akademik yang kondusif bagi berlangsungya proses pendidikan yang bermutu.
KEUNGGULAN PROGRAM STUDI Keungulan yang dimiliki Prodi PGSD FKIP UNCEN yaitu mampu mengembangkan potensi secara mandiri dalam kearifan local ke tingkat nasional dan internasional. Untuk menambah kompetensi mahasiswa diberikan mata kuliah pilihan sebgai penunjang tugas daerah. Mata kuliah ini bebas dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya diantara mata kuliah pilihan yang yaitu Pendidikan Kesehatan Reproduksi (2 SKS), Pembelajaran Kelas Rangkap(2 SKS), Pendidikan Kepramukaan (2 SKS). Keungulan laian dari Prodi PGSD FKIP UNCEN berupa pelayanan kepada mahasiswa berupa bimbingan dan konseling , pengembangan minat dan bakat (ekstrakulikuler) berupa Pramuka, kewirausahaan. Untuk meningkatkan keterampilan mengajar PGSD FKIP UNCEN berkerja sama dengan lembaga-lembaga mitra, yang tertuang dalam bentuk Mou (memorandum of Understanding). Hingga saat ini PGSD sudah berkerja sama dengan lebih dari 35 SD yang ada di Jayapura dan sekitarnya. Hasil dari pengembangan minat dan bakat mahasiswa, diperlukan hasil berupa presentasi mahasiswa pada beberapa perlombaan tingkat regional dan daerah. PROSPEK LULUSAN Untuk melacak pekerjaan dan daya serap alumni program studi PGSD menggunakan studi pelacakan (tracer study) melalui legalisir on line dan peremuan rutin dengan alumni. Berdasarkan angket hasil kinerja dari 100 orang lulusan PGSD FKIP UNCEN oleh pihak pengguna sebesar 84% menyatakan lulusan PGSD sudah baik. Sedangkan berdasarkan hasil tracer study 100% lulusan PGSD bekerja sebagai guru di sekolah dasar baik negeri maupun swasta.